PPDB Gakin dan Berprestasi di Solo Dilayani Offline

SOLO, (PR).- Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jenjang sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) untuk keluarga miskin (gakin) dan siswa berprestasi di Kota Solo, akan dilaksanakan melalui jalur offline. Sedangkan pendaftaran bagi siswa lain di luar kedua kategori tersebut, harus melalui jalur online atau daring.

Untuk pelaksanaan PPDB 2017 melalui jalur daring, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo menjalin kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS). Perjanjian kesepakatan kerjasama atau memorandum of agreement (MoA) PPDB daring tahun pelajaran 2017/2018 untuk jenjang SMP dan sekolah yang sederajat, ditandatangani Disdik Pemkot Solo dengan UNS, Kamis 23 Maret 2017.

“Pendaftaran siswa untuk jenjang SMP dan yang sederajat dengan sistem online akan kami laksanakan bekerjasama dengan UNS. MoA sudah kami tanda tangani dengan UNS,” tutur Kepala Disdik Kota Solo, Etty Retnowati, kepada wartawan di kantornya, Kamis 23 Maret 2017.

Berdasarkan MoA tersebut, menurut Etty, pihaknya kini tengah menyusun prosedur operasional standar (POS) PPDB sebagai pedoman bagi setiap sekolah dalam penerapan sistem daring. Di dalam POS akan diatur mengenai teknis pelaksanaan PPDB, di antaranya tentang persentase kuota siswa gakin, persentase kuota siswa berprestasi, persentase kuota siswa luar kota, dan lain-lain.

Sistem daring yang diterapkan Disdik Kota Solo di seluruh SMP dan sekolah yang sederajat tersebut, karena sejak 2017 kewenangan pengelolaan SMA/SMK telah dialihkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sehingga, Disdik Kota Solo saat ini hanya melakukan koordinasi terhadap PPDB jenjang pendidikan dasar, yaitu SMP beserta sekolah yang sederajat dan sekolah dasar (SD).

Kepala Disdik Kota Solo itu memastikan, seluruh SMP negeri di Kota Solo wajib ikut menerapkan PPDB daring. Sedangkan PPDB di SMP swasta belum diwajibkan seluruhnya, dengan pertimbangan kesiapan infrastrukur masing-masing sekolah. “Saat ini, untuk SMP swasta baru sebatas imbauan agar ikut PPDB online. Karena, kalau semua SMP bisa ikut akan lebih baik,” katanya.

Kasi Kurikulum Bidang SMP Disdik Kota Solo, Waliyono, mengungkapkan, PPDB online selain diikuti siswa yang mendaftar ke SMP juga bisa diikuti pendaftar madrasah tsanawiyah (MTs). Sebelumnya, PPDB sistem daring sudah diikuti dua MTs negeri di Solo, yaitu MTsN 1 dan MTsN 2.

Sedangkan Kasi Kesiswaan Bidang SMP Disdik Kota Solo, Budi Setiono, menyatakan, khusus bagi siswa berprestasi yang mendaftar lewat jalur offline, Disdik akan melibatkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Solo. Hal itu terkait dengan penghitungan konversi piagam untuk menambah nilai para pendaftar.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *